You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Ini Penanganan Banjir di Jatipadang
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Ini Penanganan Banjir di Jatipadang

Kondisi RW 06, Kelurahan Jatipadang, Kecamatan Pasar Minggu hingga kini masih banjir akibat limpasan air saluran PBH pulo. Salah satu penyebabnya adalah volume air tinggi dan terdapat penyempitan saluran karena bangunan rumah penduduk.

Adanya inrit yang menghalangi laju aliran air PHB Pulo. S olusinya sudah dibongkar rumah warga, saluran sudah dilebarkan dari satu meter jadi 1,6 meter

"Adanya inrit yang menghalangi laju aliran air PHB Pulo. Solusinya sudah dibongkar rumah warga, saluran sudah dilebarkan dari satu meter jadi 1,6 meter," ujar Purwanti, Kepala Unit Data dan Informasi Dinas Tata Air DKI, Kamis (21/4).

Sedangkan untuk penanganan lanjutan, menurutnya, sudah diprogramkan untuk normalisasi pelebaran dimensi dan penambahan tinggi turap. Saat ini untuk hal tersebut masih sedang dalam ‎proses lelang.

4 Kelurahan di Pasarebo Tergenang

"Sedangkan di RT 013/06 saluran air dibagian hilir tidak mengalami limpasan‎ namun terhalang bangunan masjid komplek Japaru," katanya.

‎‎Menurut Purwanti, untuk kawasan tersebut solusi yang perlu dilakukan adalah segera menormalisasi Kali Pulo dengan mengembalikan dimensi lebar saluran, penyodetan dan peninggian turap. Selain itu juga perlu dilakukan pengaturan volume air ke Kali Pulo di bagian hulu di Pintu Air Betawi.

Untuk kondisi banjir di Jatipadang, lanjut Purwanti, memang lebih besar dua kali dari sebelumnya. Pihak Dinas Tata Air sendiri sudah menyiapkan pompa mobile namun tidak memungkinkan imbas debit air yang besar.‎

"Solusinya perlu ada pengaturan dibagian hulu daerah jagakarsa sehingga air yg masuk ke kali pulo debitnya disesuaikan kemampuan tampung atau kapasitas yang tersedia," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1200 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito